Skip to content

Berburu Kain Bareng Nyanya

Halloa! Dipikir-pikir udah lama banget saya dan Nyanya ngga pergi bareng. Eh minggu lalu kita malah sempat (menyempatkan diri sih tepatnya) hunting-hunting dua keperluan abadi para gadis. Ya apalagi coba kalo bukan kue-kue imut dan kain lucu?  Menggoda banget ya :p

pompidou

Jadi ceritanya Rabu tempo hari Nyanya ngajakin saya makan kue di Pompidou. Buat mojang Bandung pasti udah hafal sama bakery ini. Konon cupcakenya terkenal lembut dan bikin mau lagi dan lagi. Tapi cupcake-nya kita pinggirin dulu ya. Kali ini kita mau nyobain Layered Crepes yang belakangan hype di ibukota. Selesai icip-icip Matcha crepes yang ternyata terlalu plain menurut saya, kita terus janjian untuk jalan-jalan lagi besoknya. Niatnya sih mau cari-cari kain untuk proyek jahit mesin barunya Nyanya *ihiyy!

Cigondewah

Tadinya kita mau mampir ke Tamim yang ngga terlalu jauh. Tapi dipikir-pikir kenapa ngga sekalian aja ke Cigondewah? Tempat yang di sebut terakhir ini adalah pusatnya kain grosir di Bandung. Segala macam kain ada di sini, you name it! Cigondewah ini letaknya masih tetanggaan dengan sentra sepatu Cibaduyut. Cuma di Cigondewah kita harus pinter-pinter milih lokasi, karena kios kainnya tersebar di beberapa jalur. Saya sendiri memutuskan untuk mampir ke Kawasan Tekstil Cigondewah (KTC) yang terdiri dari kompleks ruko. Biasanya setelah dari sini baru saya bertualang ke kios-kios lain sepanjang jalan utama. Mapay kalo kata orang Sunda.

cigondewah1

Kawasan ruko yang kita kunjungi Kamis itu terbilang sepi, jadi kita bebas belanja. Toko pertama yang menarik perhatian kita adalah toko aneka kain corak dan sisa pabrik. Memang salah satu keunikan Cigondewah adalah kebanyakan kiosnya menjual kain secara kiloan. Beberapa memang kain sisa pabrik, tapi banyak juga kain yang baru dipotong dari gulungannya. Pokoknya cuma satu kata yang tepat untuk tempat ini: Kalap!

Itu juga yang saya rasain begitu sampai di Cigondewah. Dari yang tadinya niat cuma nganter (err..plus lirak-lirik sih), akhirnya ikutan belanja. Memang cuma dua, tapi dua ini yang rasanya bakal kemimpi-mimpi kalo ngga dibeli >_<. Nyanya sendiri sempat ngambil beberapa kain lucu untuk proyeknya. Kain-kain ini kita dapat dari 3 toko di sana, salah satunya adalah toko yang khusus menjual kain sisa export. Saya suka banget main di sini karena kainnya aneh-aneh. Banyak bahan Korea dan Blackout corak yang lucu. Sama seperti kios-kios lain di sini, kios ini juga menjual kainnya secara kiloan. Beres dari Cigondewah, kita pun beringsut pulang tepat jam 2 siang. Puas banget belanja hari ini!

Tamim

Nah lain Cigondewah, lain Tamim. Sentra kain Tamim lebih dekat ke pusat kota, tepatnya di belakang Pasar Baru. Kalo mau ke sini bisa langsung lewat jalan Sudirman, atau motong dari belakang Pasar Baru Trade Center. Tamim sudah terkenal dari jaman dulu kala, mulai kalangan ibu-ibu sampai anak muda. Jaman SMU dulu, saya suka belanja bahan jeans sekalian jahitnya di sini. Beda lagi ibu saya, kalo ke Tamim hobi banget belanja katun dan bahan sprei. Memang dua item ini juga favorit Tamim dari dulu.

tamim

Petualangan saya sama Nyanya di Tamim kali ini malah berburu yang lain lagi. Berhubung Nyanya mau buat Tutu untuk event runningnya, kali ini kita khusus nyambangi satu toko tullle & brocade di ujung jalan Tamim, namanya Toko Langganan. Dari luar, toko nampak sumpek oleh bahan. Maklum hampir semua jenis tulle & brocade ada di sini, dari mulai brocade lembut sampai stretch. Sambil nemenin Nyanya pilih-pilih, saya mampir ke lapak Rerre Saudara Collection, lapak jeans langganan saya dan berhasil  mengantongi selembar jeans biru. Oya, kalo berminat jahit jeans di sini ongkosnya cukup 30 ribu aja 🙂

Hari itu saya juga berhasil menahan godaan belanja kain sprei murah-murah di sepanjang jalan *yipee!*. Ngomong-ngomong soal sprei, di Tamim ada toko khusus kain sprei, selimut dan handuk kiloan. Namanya ngga aneh-aneh, Super Kiloan. Kalo ada bahan yang cocok, kita tinggal minta potong plus jahit gratis. Kain spreinya sendiri didatangkan khusus dari pabrik Bintang Agung, terkenal susah luntur.

toko sprei di tamim

Selesai dari Tamim, kita mampir ke resto vegetarian di jalan Pajajaran. Restoran ini ngga cuma unik makanannya, tapi juga namanya: “Kehidupan yang tak Pernah Berakhir”! Wha?! Haha. Agak gimana gitu ya dengernya. Saya sendiri sebenernya ngga pernah tertarik masuk gara-gara ya itu tadi, aneh ya ^^;. Tapi berkat “racun” yang disebarkan adiknya Papadino, saya jadi penasaran dan nyoba. Ternyata makanannya ngga seaneh namanya sodara-sodara…Enak! Dan Nyanya yang hari itu saya “racunin” juga ikutan suka.

resto kehidupan

Semua makanan di Kehidupan bebas MSG, bawang dan santan. Satu porsi nasi putih ditambah empat macam sayur dihargai 6 ribu saja. Kalo mau tambah “daging-dagingan” baru deh harganya variatif. Menu favorit saya di Kehidupan adalah Jamur Crispy, Tumis Kuciwis, dan Sate Jamur. Kalo mampir ke sini, jangan lupa cobain Susu Kedelai asli-nya juga ya 🙂

Seru deh jalan-jalan kita. Thankies buat petualangannya, Mama Birdie…’til next adventure!

139 Comments

  1. yanie
    yanie February 13, 2020

    hai sis,

    kalu mo belanja sprei jadi buat jual lagi enaknya belanja dimana ya..
    yang murah2 gtu

    • rena
      rena April 21, 2020

      Hi Yanie,
      Bisa cari di Tamim toko anugerah 🙂

      • Ayu
        Ayu February 20, 2021

        Teh kalau kain dasar utk kulot yg agak strecth dan utk mukena enakan nyari dimana ya? Dan bahan apa namanya?

      • rena
        rena March 19, 2021

        Halo, Ayu 🙂
        Kain kulot yang stretch dan mukena bisa pake rayon. untuk kulot rayonnya yg stretch, pakai kain kaos juga enak. Bisa cari di Tamim atau langgananku di Royal Tex Baltos. HTH ya

  2. henny
    henny September 15, 2018

    hai kak rena. mau tanya nih. kan aku mau bikin jeans yang modelnya kekinian jumlahnya banyak. itu mending jahit di tamim atau cari konveksi ya? tapi konveksi jeans dimana ya kak? terima kasih

    • rena
      rena October 15, 2018

      Hi Henny, menurut aku lebih baik ke konveksi. Di Bandung banyak, tapi aku juga kurang begitu ngerti yang bagus yang mana… mungkin bisa minta rekomendasi ke toko kain jeans-nya biasanya mereka tahu 🙂

  3. dita
    dita September 13, 2018

    hallo teh, di cigondewa suplier bahan untuk kerudung banyak ga ya? atau ada tempat yang rekomen ga teh untuk cari suplier bahan kerudung di Bandung yang harganya murah?

    • rena
      rena October 15, 2018

      Halo Dita 🙂
      Banyaak… kalo mau sekalian jahit, di Baltos juga banyak. Nanti jahitnya di lantai dasar depan kalo ngga salah. HTH yaa

  4. Farah
    Farah August 25, 2018

    Boleh tanya nggak di cigondewah blackout tokonya dimana aja? Apa cuma ditoko sisa import aja? Harganya 45000/m yang aku temuin, kalau per kilo berapa ya? Tmks

    • rena
      rena August 30, 2018

      Hi Farah,
      kebetulan udah lama nih ngga ke cigondewah, dulu nemu cuma di toko itu..

  5. Siti
    Siti May 10, 2018

    Hai teteh, kalo mau beli jenis kain crep yang lengkap dimna ya ? Cigondewah atau pasbar ??

    • rena
      rena June 15, 2018

      Hi Siti, kain crepe bisa di pasbar atau baltos ya 🙂

  6. andini
    andini September 7, 2017

    teteh mau tanya klo buat bahan dry fit (untuk sport) adanya dicigondewah/tamim yaa teh?
    makasih bnyk teh
    salam kenal sebelumnya 😊

    • rena
      rena September 15, 2017

      Hi andini,
      dry fit enaknya cari di seputaran otista/astana anyar/terusan pasir koja 🙂

  7. utami
    utami August 31, 2017

    Hallo kak, terimakasih buat artikelnya yg sangat bermanfaat, khususnya buat yg ga tinggal di pulau jawa dan mau hunting kain ke bandung hehe. Oh iya mba, sekarang kan lagi musim cotton import shawl gitu (bsia jadi kerudung segiempat/pasmina) , dan mostly yg jual dari bandung. Mba tau ga beli kain bahan cotton import dimana? Saya cari di jogja dan mayestik tidak ada. Terimakasih

    • rena
      rena September 15, 2017

      Sama-sama, Utami! Senang kalau bermanfaat 🙂

  8. Ana
    Ana August 10, 2017

    hallo teh,
    Teh mau tanya, kalo brocade buat taplak gitu mending beli di toko langganan di tamim apa di cigondewah teh? lbh murah mana teh? atau sama aja?
    oh iya, di toko langganan itu ada bahan organdi buat vitrase gordyn ga teh?
    nuhun

    • rena
      rena August 24, 2017

      Hi Ana, terakhir aku ke toko langganan mereka jadi mayoritas jual tulle sekarang. Tapi boleh dicoba siapatau ada yang cocok..
      Kalau di toko langganan ngga ada bisa terus ubek-ubek pasar baru hehe. kalo organdi ngga ada, tapi bisa nyari di pasar baru. HTH ya 🙂

  9. Ulfah
    Ulfah July 21, 2017

    Hai ka rena, mau tanya nih, ada berapa sih jenis katun ima? Kl boleh share kisaran harga katun ima itu brp ya? Beragam kah?
    lalu kisaran harga katun supernova itu brp? Makasih salam kenal.

    • rena
      rena August 24, 2017

      Hi Ulfah, duuh maaf komennya kelewat 🙁
      Katun Ima sebetulnya sih sama aja ya…cuma ada yang bercorak garis-garis seperti serat dan ada yang polos atau sedikit mengkilat. Tergantung komposisi poly & katunnya. Setahuku mulai dari 25-40 ribu-an per meter, mudah-mudahan masih segitu ya hehe.
      Nah kalau katun supernova harganya di toko biasa aku beli sekitar 25-35 ribu per meter. Semoga membantu ya 🙂

  10. ila
    ila July 16, 2017

    kak, mau tanya. Kain sprai motif lucu lucu di toko mana ya di cikondewH?

    • rena
      rena July 20, 2017

      Hi Ila, waah maaf untuk sprei motif di cigondewah aku ngga hapal 🙁

  11. Listari Husna Fitri
    Listari Husna Fitri July 11, 2017

    Assalamualaikum teh. seneng deh baca postingan teteh. jadi lebih banyak referensi.
    mau nanya dong teh hehehe, kalo range harga di cigondewah biasanya berapaan ya teh? trus kalo dibandingan ama royaltex ato median lebih murah dimana?
    makasi banyak teteh 🙂

    • rena
      rena July 13, 2017

      Waalaikumsalam teh Listari, alhamdulillah kalo tulisannya membantu 🙂
      Range harga di Cigondewah variatif banget teh, soalnya tokonya juga buanyaaak. Ada yang jual kiloan, meteran, bahan sisa pabrik sampai kain gulungan. Kalo murah sepertinya murah Cigondewah dibanding Median atau Royaltex, tapi harus mau ngubek-ngubek hehe. Selamat berburu kain yaa~

  12. Giok
    Giok June 6, 2017

    Kak… Aku baru mau cari kain kiloan untuk jilbab segiempat, untuk dipakai sendiri aja sih biar di neci di tukang jahit. Nah, aku bingungnya jenis kain untuk jilbab segi empat dan pashmina apa katun aja kak? Contoh cotton silk… Atau ada yang lain?
    Nuhun…

    • rena
      rena June 30, 2017

      Waah iya bisa banget! Di Cigondewah bisa pilih-pilih yang coraknya bagus :). Semoga sukses yaa

  13. Fahmi Fathurrohman
    Fahmi Fathurrohman May 27, 2017

    Kalau untuk beli Cotton Combed lebih murah di Cigondewah atau Tamim?

    • rena
      rena June 30, 2017

      Hi Fahmi,
      Cotton Combed itu maksudnya kain kaos? Kalo iya enaknya beli di seputaran Otista (Jl. Otto Iskadardinata). HTH yaa

  14. Tiara
    Tiara May 22, 2017

    kak mau tanya kl belanja kain sprei paling banyak di daerah mananya? cigondewah atau tamim?? karena saya rencana mau kesana tapi bingung kak tolong dibantu. terima kasih kak rena.

    • rena
      rena June 30, 2017

      Dua-duanya banyak. Tapi mengingat Cigondewah areanya jauh lebih luas, sepertinya banyak di Cigondewah…HTH ya

  15. Hazmi
    Hazmi May 5, 2017

    Hy teh mau tanya kalau toko kain buat kerudung yang kain nya bnyak motif nya dimana yah? Makasih teh

    • rena
      rena May 15, 2017

      Hay Hazmi,
      di Cigondewah/Pasar Baru Bandung banyak kok, atau di Kings. Waktu ke Hijabfest aku lihat banyak label yang buat hijab print, motifnya lucu-lucu <3

  16. Diah
    Diah April 10, 2017

    Mbak , mau nanya.. klo untuk kain kiloan berapa kisaran harganya yaa… dan bagusnya nyari dimana soalnya saya ada rencana buka toko kain kiloan . Mohon infonya yaa..
    Terimakasih.

    • rena
      rena May 15, 2017

      Kain kiloan jenis apakah Mbak Diah? Kalau kaos kiloan, mulai dari 40-150an tergantung jenis bahan (PE, CVC, Slub, etc). Nah kalo katun harganya sangat variatif tergantung toko yang jual. Aku pernah beli di Cigondewah 40rb/kg. Sama-sama Mbak Diah, semoga membantu ya 🙂

  17. Fadil
    Fadil March 29, 2017

    Teh tau nggk yg jual kain baby silk/ velvet motif sisa pabrik (bentuk kainnya itu potongan dgn lebar kainnya 115 cm)

    • rena
      rena May 15, 2017

      Hi Fadil, aku ngga tau nih kalo sisa pabrik. Di Cigondewah banyak yang jual kain potongan kiloan, ukuran & jenisnya macam-macam, mungkin bisa dicari di sana. Atau kalo iseng bisa lihat2 di olshop (FB/Instagram) kadang suka ada yang jual 🙂

  18. Okepujir
    Okepujir March 16, 2017

    Hai mba salken
    Maaf mau nanya, kalo beli kain cotton silk yang gitu2 dimana ya daerah bandung?

    • rena
      rena March 24, 2017

      Haloo, salken juga 🙂
      Bisa coba cari di RoyalTex Baltos atau Median Pasar Baru.. semoga membantu ya

      • chika
        chika April 17, 2017

        Assalamualaikum teh.. Minta referensinya buat baju seragam keluarga buat acara nikahan enaknya bahan apa ya? Yg jual dgn harga miring dimana ya? Maklum.. Biar ga over budget, hehe.. Makasih ya teh sebelumnya 😃

      • rena
        rena May 15, 2017

        Wassalamualaikum…
        Yaah teh Chika maaf aku baru baca. Kemarin main ke Median, ada yang buat baju seragam dari bahan katun model kutu baru. Harga bahannya ngga terlalu mahal, kalo mau cari jadinya juga banyak di pasar baru..Duuh maaf ya teh, selamat menjelang hidup baru…semoga lancar2 & SaMaWa 🙂

  19. Cita
    Cita March 15, 2017

    Halo teh rena salam kenal.. aku mau nanya kalau untuk cari2 bahan plus jahit buat sarung bantal/cushion gitu dimana ya? Apa di cigondewah atau tamim ada?

    • rena
      rena March 24, 2017

      Hi Cita, salam kenal jugaa makasih ya udah main ke sini 🙂
      Bahan banyak di tamim atau cigondewah, di pasar baru juga ada. Kalau jahitnya bisa di tamim juga atau pasar baru, suka ada yang nerima jahitan sprei. Sayang persisnya aku ngga begitu hapal, HTH ya

  20. Tesa
    Tesa February 6, 2017

    Halo Teh Rena, saya mau nanya.. jujur aja, waktu saya liat foto kain yg Teh Rena post, saya langsung coba ke cigondewah. Cuman saya mau nanya, kalo saya dari arah Jalan holis, begitu masuk ke jalan Cigondewah ambil ke arah kiri (yg ada lampu stopan/prapatannya kecil), nah dari perapatan situ sekitar 10-20 meter ada ruko. Yg dimaksud KTC itu ruko itu bukan Teh? Rukonya kecil, paling cuma 20-30 toko. Atau kalo ruko itu bukan KTC, dari perapatan ke kiri itu masih jauh ga? Saya baru sekali ke Cigondewah, trus baru ketemu ruko yg kecil itu.. Terima kasih Teh, ditunggu reply nya.

    • rena
      rena February 9, 2017

      Halo Tesa 🙂
      Iya betul rukonya kecil kok… jelasnya di map ini:

  21. popy khusnul
    popy khusnul February 4, 2017

    Teh maaf mau nanya, saya mau coba coba jualan baju tapi dari mulai pembelian kain oleh saya sendiri hingga ke tukang konveksi
    kira kira toko kain dan konveksi yang cocok buat pemula seperti saya dimana ya kira kira? Mohon bantuannya teh

    • rena
      rena February 8, 2017

      Hai Popy 😀
      Konveksi & kain tergantung jenis baju yang mau dibuat…
      Kalo mau buat baju muslim bisa coba toko2 yang tadi, seperti royaltex & median. atau kalo seneng hunting bisa ke cigondewah.
      konveksi aku ngga begitu ngerti, biasanya aku bikin di tempat jahit standar. Denger2 konveksi murah dan lumayan rapi banyak di daerah soreang, tapi persisnya aku ngga tau.. maaf ya kurang membantu jadinya. Semoga lancar & sukses usahanya 🙂

  22. Eva
    Eva February 1, 2017

    Salam kenal. Klo yg jual bantal murah d bdg dmn mba.mksih sblmnya

    • rena
      rena February 8, 2017

      Salken Eva 🙂
      bantal murah kaya gimanakah?

  23. Bayu
    Bayu December 25, 2016

    Mba malam hari mash buka ngga toko nya

    • rena
      rena February 8, 2017

      Hi mas Bayu, toko-toko kain biasanya tutup jam 5 sore & sabtu jam 12…

  24. Tonny
    Tonny December 17, 2016

    Hello teh rena … clo saya mao nyari kain batik songket sumatera bisa hubungi lewat line. Wa. Bbm. ?

    • rena
      rena December 21, 2016

      Halo mas Tonny, waah kebetulan saya ngga hapal tempat yang jual songket… mungkin bisa cari di Pasar Baru. Semoga cepet ketemu ya 🙂

  25. Putri
    Putri December 6, 2016

    Haii mba rena,mau nany klo bahan dg motif yg lucu buat hijab itu yg jarang ada yg sama motifny dg yg lain nyari dmn ya?

    • rena
      rena December 21, 2016

      Hi Putri,
      kalo motif yang agak jarang bisa coba cari di Kings atau toko kain Padasuka 🙂

  26. Aufa
    Aufa November 12, 2016

    Hai teh Rena, mau tanya dong kalo toko median di pasar baru ada di sebelah mana yaaa? itu dia ada ig/fb nya ngga sih? sama boleh sekalian infonya ngga kalo tau jahit hijab di sekitar toko median itu, dimana yang recommended. Thanks teteeh

    • rena
      rena November 21, 2016

      Hi Aufa, makasih yaa udah mampir 🙂
      Median di Pasar Baru Lt.1 dan Lt.2, ini Instagram-nya: instagram.com/textile_md_grosir/. Kalo jahit hijab aku ngga hapal, mungkin bisa dicoba di sekitaran Tamim atau Jl. Belakang Pasar 🙂

  27. Hafizh
    Hafizh November 5, 2016

    Mau nanya nih kalo kain motif stripe bahan cotton combed gtu dimana yah?

    • rena
      rena November 7, 2016

      cotton combed maksudnya kaos kan ya? memang jarang yang jual stripe, tapi bisa coba di tamim. masuk dari jl. sudirman, nanti sebelah kiri ada gerbang hijau. di dalamnya ada kios2, cari yang pojok kiri. DI situ jual bahan kaos kadang ada yang motif juga. hth ya 🙂

  28. kartina
    kartina October 30, 2016

    hi rena,

    minta advise saya punya toko kecil mau buat tempahan baju dan mukena label sendiri. Jadi mau nyari toko yg bisa supply kain dan terus jahit. Boleh recommend tempat2 nya saya hanya 4 hari ke Bandung.

    Makasih banyak

    • rena
      rena November 1, 2016

      Hi Kartina, terima kasih ya sudah mampir 🙂
      Untuk produksi, saran saya bisa coba toko Median di Pasar Baru atau Royaltex di Balubur Townsquare. Selain dua tempat itu masih banyak tempat lain, tapi dua tempat itu memang biasa dipakai butik2 baju muslim. Di Median malah bisa request dibuatkan motif baru dengan jumlah pembelian tertentu. Semoga lancar & laris manis ya usahanya 🙂

  29. Dina
    Dina October 28, 2016

    Hai teh! Nuhun artikelnya, informatif bgt buat yg lagi cari bahan hihi. Teh tau ga sablon2 yg skrg lagi hits ditempel di jeans2 itu belinya dmn ya? Sama tukang jait bagus yg bisa ngejait bahan tulle dan tutu dimana tau ga teh? Hatur nuhun pisan teh

    • rena
      rena November 1, 2016

      Hi Dina, hatur nuhun udah main-main ke sini 🙂
      Aku tahunya patch/aplikasi banyak di toko dunia baru jl. otista, tapi mungkin yang dimaksud bukan itu ya..
      Penjahit bahan tulle yang aku tahu kebanyakan untuk jahit dress/kebaya. Ada tante Listya/Fragrance Kikichan atau tutty kirana (kalo ngga salah nulisnya begini ^^) di antapani..
      Duh maaaaaf belum bisa bantu 🙁

  30. halizah
    halizah September 30, 2016

    maaf mba, mau tanya kalo beli kain serat alam (katun 100%, linen, rami, sutra) yang belum di warna daerah bandung di mana ya mba ? terima kasih mba 😉

    • rena
      rena October 13, 2016

      Hi Halizah!
      Aku ngga tau kalau serat alam. Biasanya yang di toko udah warna-warni… mungkin harus pesan khusus atau langsung belanja ke pabriknya ya. Kalau sutra bisa coba ke Padepokan Wisata Ulat Sutra Dayang Sumbi, alamatnya di Jl.Arcamanik Sindanglaya Km 4 Bandung Timur. Selain lihat proses pembuatannya juga bisa sekalian beli kain 🙂

  31. shella
    shella August 24, 2016

    Salam kenal mba, mau tanya kalo di daerah cigondewah ada kain katun jepang kiloan ga yah? .. Makasih mba sebelumnya..

    • rena
      rena August 28, 2016

      Halo Shella, ada kok tapi harus pinter-pinter & jeli milihnya.. ngga semua toko jual kiloan dan ga semua toko jual katun jepang soalnya. HTH ya 🙂

  32. Riadhus sholihin
    Riadhus sholihin August 23, 2016

    Ada kontak person yang bisa d hubungi untuk bahan sprey gak?

    • rena
      rena August 28, 2016

      Hi Rhiadus, kebeneran aku ngga punya kontaknya yg di Tamim.. biasanya langsung ke sana aja sih :p
      tapi kalo mau coba beli online, bisa ke boemi aneka di FB. Yang punya orang bandung juga 🙂

  33. Shella Gita
    Shella Gita August 19, 2016

    Teh, punten.. Salam kenal, mau tanya kalo buat gamis biar bahannya jatoh menggebayy gitu apa ya? Hehe makasih 🙂

    • rena
      rena August 28, 2016

      Hi Shella, menurut aku banyaak bahan yang bisa dipakai utk gamis supaya enak jatuhnya. bisa coba toyobo, diamond, wolfis, cerutti, poplin, waffle, dll.
      mudah-mudahan membantu ya 🙂

  34. siska
    siska August 15, 2016

    salam kenal, numpang nanya dong, klo di cigondewah tiap toko rata rata harga nya sama ga? terutama kain yang kiloan. klo boleh tau yang paling lengkap di toko apa yah? Makasih

    • rena
      rena August 15, 2016

      Salken Siska 🙂
      Tiap toko, apalagi yg jual kainnya kiloan biasanya harga beda-beda. Kalo paling lengkap toko apa ya? Aku malah ngga tau hehe.. Seringnya aku papay aja satu-satu sesuai kebutuhan juga. HTH ya 🙂

  35. iqbal primana
    iqbal primana July 12, 2016

    Sis, kalo stripe tee yg lengan panjang itu biasanya pake bahan apa yah kirakira? Salur apa cotton? Masih belom tau nih

    • rena
      rena July 13, 2016

      Hi Iqbal, kalo t-shirt biasanya pake bahan kaos. Bisa jersey/spandex motif garis/salur 🙂

  36. saitama
    saitama June 28, 2016

    Hi Sis,
    Numpang tanya, klo nyari kain bahan sarung samarinda atau bahan sarung dimana ya? pasarbarunya

    thanks sis

    • rena
      rena July 4, 2016

      Hi Saitama,
      Yaah.. kain sarung kebetulan aku ngga hapal, tapi kadang suka liat di pasar baru
      Kalo yang udah jadi sarung suka nemu di lt.D2/lt.1, yang bentuk bahan mungkin bisa dicari di lt.2
      Maaf ya mba, jadinya ngga ngebantu nih ^^;

  37. paay
    paay June 14, 2016

    Misi mba maaf mau nanya klo di tamim gitu jual kiloan g ya? ! Pengen buat popok. Sendiri
    Ts tau g mba kain microfiber ad dijual dmn ya mba?

    • rena
      rena July 4, 2016

      Halo mba Paay
      Di Tamim ada yang jual kiloan ada yang meteran, kalo microfiber aku belum nemu nih mba..
      Waah kereen buat popok sendiri, semoga ketemu ya mba kainnya 🙂

  38. rida
    rida June 3, 2016

    Maleem mbaa..
    Akukan baru mau jualan kerudung nih yg bahan ima, diamond, velvet satin dll..
    Kira2 ada recomended ngga yaa belanjanya klo di tamim/pasar baru di toko apa??
    Dan kira2 kisaran brapa ya harganya??
    Makasih mbaa 😃

    • rena
      rena June 12, 2016

      Hi Rida, maaf ya komennya kelewat..
      Di pasar baru bisa coba toko median atau royal tex di baltos, lihat-lihat aja dulu instagramnya 😉
      Kalo kisaran harga tergantung bahan, ima sekitar 20-40 ribu. Mudah-mudahan membantu ya, semoga lancaar bisnisnya 🙂

  39. Vini
    Vini May 22, 2016

    Hallo teh salam kenal … Jd pengen hunting kain setelah baca ini, kebetulan aku mau nyari kain katun yg motif gambarnya lucu2 soalnya mau jual piyama anak … Kira2 dimana ya cigondewah, tamim apa pasbar? Makasi

    • rena
      rena May 23, 2016

      Hi Vini, salam kenal jugaa 🙂
      Sebetulnya kain katun hampir di semua tempat ada yang bagus asal pinter milih aja. Kalau untuk piyama anak mungkin bisa cari di tamim/kings. Di cigondewah juga banyak, tapi harus getol keliling 🙂
      Dulu saya suka belanja kain katun & kaos motif di Kings, setelah Kings terbakar katanya sih pedagang-pedagangnya pindah ke lahan parkir di lt. atas Kings II tapi saya sendiri belum pernah kesana. mudah-mudahan membantu yaa, happy hunting & produksi!

  40. wulan
    wulan May 3, 2016

    Mba ,salam kenal….mba tau toko mamah ga??katanya di pasar baru…

    • rena