Skip to content

urban jedi @ laptop si unyil

anipchan & unyilHayoo siapa masih inget boneka ikonik satu ini? Dulu~ sekali jaman saya masih kecil, Unyil, Usro, Melanie dkk. populer sampe pelosok Indonesia. Kalo bukan gara-gara Doraemon, dijamin 100% Unyil ini bakal menguasai kancah pertelevisian Asia Tenggara *lol. Tapi sih ya, itu kan udah lama banget…dan sejak saya beranjak dewasa, Unyil nyaris ngga pernah muncul di layar kaca. Baru pertengahan 2000-an Unyil muncul lagi. Tapi waktu itu cerita si Unyil kurang sukses meski udah di re-package sesuai jaman, mungkin kalah bersaing sama anime & manga *keukeuh*. Akhirnya, pertengahan tahun 2007 ikon Unyil dimunculkan lagi lewat program Laptop si Unyil di Trans 7. Beda dari sebelumnya, program Unyil sekarang bener-bener cuma ngambil ikon Unyil aja. Acaranya sendiri lebih banyak mengulas varia-warta semacam tempat pembuatan boneka, jalan-jalan, etc.

Waktu awal muncul, Laptop si Unyil mengambil konsep dimana Unyil ditemenin sama karakter host yang suka bawa laptop kemana-mana. Terus di laptopnya itu nanti banyak cerita-cerita dari nusantara. Gitu deh….Cuma menjelang akhir 2010-an kalo ngga salah, temennya Unyil udah ngga keliatan lagi. Terus format acaranya sedikit diubah jadi Unyil dkk. sendiri yang jalan-jalan ke berbagai tempat menarik di Indonesia. Malah bukan cuma tempat, belakangan Unyil juga menyambangi komunitas-komunitas di seputar kota besar. Salah satunyaaa *drumroll*

Urban Jedi! Berhubung Dik Unyil ceritanya pingin ngebahas tentang per-laser-an, maka Urban Jedi yang sehari-hari berkutat dengan laser-beam-like pun di ajak unjuk kebolehan sekejap di acara Laptop si Unyil edisi itu. Sebenernya sih sebelum Laptop si Unyil ini, Urban Jedi udah beberapa kali di-feature sama beberapa stasiun TV dan radio. Tapi baru kali ini lewat program yang segmen utamanya anak-anak. Seru deh (^O^)/

urban jedi @ laptop si unyil 2urban jedi @ laptop si unyil 3urban jedi @ laptop si unyil 4urban jedi @ laptop si unyil 5

urban jedi @ laptop si unyil 7

Syuting dimulai jam 7.30 malam di seputar Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Bandung. Perfect Place! Jadi inget akang-teteh yang suka foto pre-wed di sana, habis gedungnya epic banget sih :p. Waktu itu, saya & Anipchan nyusul Papadino yang udah berangkat duluan. Sampe sana tim dari Trans 7 udah siap-siap. Gitu juga temen-temen Urban Jedi, udah mulai ambil posisi. Saya buru-buru nyiapin Anipchan sembari nungguin Indy yang waktu itu belum datang. Selesai syuting sesi pertama, eh Anipchan dipanggil. Di ajak tampil spinning sendiri dalam satu scene…Waa, bukan Anipchan aja yang mendadak keringetan..mamanya juga! Tapi berhubung judulnya “mama” ngga mungkin kayanya saya ikut-ikutan tegang hihi. Akhirnya pasang muka kalem sambil sok-sok nyemangatin Jedi kecil satu itu….padahal dalem hati deg-degan “Apa jadinya nih kalo tiba-tiba c anip mogok gara-gara malu?” “Terus, nanti pas di-shoot mendadak gabisa spinning dan mukanya berubah kaya semangka.” ^^;

Alhamdulillah syutingnya lancar jaya *hooray!*. Yaa..meskipun mukanya Anipchan dikiiit lagi mirip semangka, tapi performancenya di depan kamera keren banget! Spinningnya juga. I’m so proud of him 😀

Selesai Anipchan spinning, Indy datang…syuting pun dilanjutkan dengan perform koreografi mereka berdua. Kemudian berlanjut syuting kru Urban Jedi yang lain. Ada Papap yang biasa berperan sebagai Darth Maul, Master Insun the Spinning-King, Jedi-couple Rio & Anita, dan serumpun Jedi lainnya. Ngga seru ah kalo diceritain semua, nonton hasil rekamannya aja yuk. Di ambil dari Laptop si Unyil edisi laser yang udah tayang 29 Oktober kemarin. Ata~u…ngintip-ngintip snapshots di bawah juga boleh  🙂

urban jedi @ laptop si unyil 8

urban jedi @ laptop si unyil 9urban jedi @ laptop si unyil 10

…..and that’s a wrap! Selesai sudah syuting Laptop si Unyil malam itu. Weits, tapi ntar dulu…Mas Redha dkk, dalangnya Unyil belum boleh pulang. Soalnya para Jedi masih betah main-main sama Unyil *grin. Selain foto-foto, Anipchan juga sempet nyoba mendalangi Unyil. Saya baru tahu kalo untuk menggerakkan boneka Unyil dibutuhkan hanya 3 jari saja. Yup, ibu jari, telunjuk dan kelingking. Wha? Yes..you heard me right, that “metal” sign :). Sayangnya karena boneka Unyil ini sudah berumur, megangnya harus hati-hati sekali. We don’t want our legacy to be broken, don’t we? Semoga Unyil sehat selalu dan bisa langgeng di TV ya. Hidup Unyil! Oiya, sampaikan salam saya buat Pak Raden ya, Nyil…semoga beliau tak pernah berhenti berkarya, tak pernah patah semangat *amin*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *