Skip to content

TOTTE Ecobag Tutorial

Bahan:
100 cm x 50 cm
Tali tas untuk pegangan (handle)
Pola
Alat-alat jahit

Totte Ecobag ini adalah salah satu model tas yang disertakan dalam Workshop Menjahit Ecobag di Ruang FRYM tanggal 30 Januari 2019 kemarin. Berhubung di workshop kemarin Totte ini jadi sole favorit ketimbang KRZK, berikut saya share tutorialnya. Selamat menjahit!

Tutorial:
1. Lipat kain jadi 2 dengan sisi bagus menghadap ke luar. Kemudian letakkan pola di permukaan kain (untuk pola sample ini saya pakai koran), secure atau tahan dengan jarum pentul di setiap ujungnya.

2. Beri tanda untuk memotong kain (kampuh) kira-kira 1 cm dari pola. Untuk bagian yang akan dikelim, beri tanda sekitar 3-4 cm dari pola.

3. Gunting kain mengikuti tanda tadi. Usahakan menggunting kain secara flat, jangan diangkat.

4. Lipat karbon jahit jadi dua (sisi berkarbon menghadap ke luar), lalu selipkan di antara lipatan kain. Kemudian tarik garis mengikuti pola menggunakan rader.

5. Lepaskan karbon dan jarum pentul. Balik kain hingga sisi buruknya menghadap ke luar. Perhatikan garis karbon jahit, pastikan garis di kedua sisi sejajar. Kemudian tahan dengan jarum pentul/klip. Biarkan bagian atas yang akan dikelim terbuka.

6. Lipat bagian atas (kelim) 2x hingga sejajar dengan garis karbon. tahan dengan jarum/klip.

7. Selipkan handle & elastic di dalam keliman, tahan dengan klip.

8. Satukan kedua sisi kain dengan menjahitnya mengikuti tanda karbon. Sisakan bagian bawah dan atas (kelim).

9. Jahit bagian kelim. Kemudian tarik handle ke arah luar tas, tahan dengan klip. Jahit lagi bagian kelim mengelilingi tas.

10. Buka bagian bawah tas hingga menyerupai box, lalu satukan sisi-sisinya sesuai tanda karbon. Tahan dengan jarum, jahit sebanyak 2x agar kuat.

11. Balik kain hingga sisi bagusnya yang menghadap ke luar.

12. TOTTE selesai dijahit!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *