Skip to content

Dari Radang ke Superior

20121214-000400.jpg

Hari Kamis minggu lalu (6/12/12), Anipchan jatuh sakit. Badannya tiba-tiba panas ngga karuan..terus rewel, pake ngigau segala. Karena belakangan lagi musim hujan, saya jadi khawatir dan buru-buru bawa Anipchan ke dokter. Apalagi Jumat sore panasnya semakin tinggi. Yang tadinya rencana bawa Anipchan ke dokter terdekat langsung berubah haluan ke dokter langganan keluarga di kawasan A. Yani, deket Jaya Plaza.

Dokter ini kebetulan cocok banget sama kita. Mamanya Papadino pun udah dari 1980-an berobat ke sini. Begitu juga asma-nya Anipchan, mereda sejak ditangani beliau. Makanya kali ini kita ngga pake mikir dua kali.
Meskipun kita dateng jam tujuh-an, tapi Anipchan baru diperiksa sekitar jam sembilan. Maklum kalo konsul sama beliau emang mesti sabar..satu pasien bisa sampe sejam. Tapi justru karena itulah kita betah ke sini. Oya, setelah diperiksa ina-itu..dokter menyimpulkan Anipchan kena radang (lagi ~_~;). Tapi supaya aman, Anipchan juga mesti di cek lab. Besoknya kita langsung cek. Terus balik kontrol hari Senin. Alhamdulillah beneran cuma radang…tapi radangnya ini bukan gara-gara kebanyakan gorengan apa es lho. Beliau bilang ini karena serangan kuman dari giginya yang bolong-bolong, atau dari luar tubuh. Iyaaa dok, Anipchan emang hobi banget masukin apa-apa ke mulut :(. Terus beliau cerita kalo selain cek DB, cek lab kemarin juga sekalian nge-cek kemungkinan adanya bakteri jahat yang nempel di dalem tubuh. Katanya sekarang ada bakteri yang jadi parasit dengan menempel pada satu bagian, lama-lama berkembang jadi semakin jahat terus menggerogoti persendian, bahkan sampe ke jantung segala! Hiii~
Untung hasil lab Anipchan negatif..bener-bener cuma radang aja. Akhirnya Anipchan dikasih obat tiga macem, vitamin dan disuruh sikat gigi minimal 3x sehari. Oke dok, siap!

Lucunya, pas kita mau pulang dokternya malah ngajak main tebak-tebakan. “Ini anak kalo makan pasti ngga pernah selesai ya?”
“Hah?” Bengong sebentar “Iya, dok..”
“Pasti baru nyuap sedikit terus bubar..abur kesana, abur kesini..”
“Iya bener, emang anaknya susah diem dok.”
“Kalo di sekolah gimana? Mengganggu pelajaran ngga?”
“Iya..kata gurunya kalo di kelas susah konsentrasi dok. Baru sebentar udah mencar.”
“Iya, hiperaktif ini anaknya. Udah keliatan nih.” Terus katanya lagi “Tapi biasanya pinter nih anak kaya gini. Kalo dia suka biasanya cepet bisa.”
“Iya bener dok…” Inget kekagetan kita liat Anipchan tetiba jago naik sepeda :p
“Yaudah nanti kesini lagi ya, saya kasi obat buat itunya.”
Papadino spontan ngelirik saya, sebelum dokternya terus ngelanjutin…
“Ini bukan obat penenang kok, ini supaya dia fokus. Buat sarafnya..anak kayagini itu biasanya masalahnya ada di saraf..bawaan, harus dilatih juga.” Katanya lagi “Kalo dia bubar konsentrasinya ngga apa-apa, terus aja ingetin. Memang harus sabar, tapi bisa kok diperbaiki. Tapi ya harus diingetin terus, kita ya ngga boleh bosen.”
Waah…bener dok. Susah banget rasanya menjaga sabar kalo Anipchan udah mulai ngga fokus, pecicilan, kalo diingetin cuek..hiks. Harus banyak-banyak belajar lagi..
Tapi saya bersyukur Anipchan berakhir di ruang dokter ini, jadi dapet harapan lagi soal fokus ngga fokusnya. Meskipun saya sendiri sebenernya ngerasa Anipchan udah jauh lebih baik dibanding empat tahun lalu saat dia pertama kali tes EEG, tapi kalo dipikir memang keliatan banget kok dia masih susah diajak fokus. Kecualiii, kecuali yaa…kalo ngafalin nama-nama Ultraman, belajar komputer, main saber, sama sains..satu materi favoritnya. Okedee, sampe ketemu minggu depan ya. Nanti saya update perkembangannya 🙂

  1. onlyndah
    onlyndah January 8, 2013 Reply

    th angie….keponakan aku juga hiperaktif, lebih dari Anipchan…tapi sekarang udah agak mendingan sehh, tapi bisa kaya sekarang, karena faktor ortuny th, kaka sepupu aku super ekstra ngedidiknya, emang agak cape sehh, tapi hasilnya memuaskan ko….
    dy seneng sama komputer dan hal-hal yang berbentuk gambar, tapi pinter loh, kadang ga belajar juga, nilai-nilainya bagus….tapi aku lupa dikasih obat apa yah..karena sekarang udah msuk SMP….ntr aku up date yah tehh,,,,

    • rena
      rena January 8, 2013 Reply

      Asiik, ditunggu updatenya ya Ndah..makasih uda mampir yaa 😀

  2. silvi
    silvi December 27, 2012 Reply

    ngie…udah kontrol lagi kah? anakku kan ‘hiperaktif’ juga…cuma ditangani oleh neuropediatric,dr.poerboyo…kalo hiperaktif krn IQ nya diatas rata2 disebut superior aktif…anakku makan obat juga, namanya xenocy..samakah?

    • rena
      rena December 30, 2012 Reply

      Ah, samaaa…anakku juga kemarin dikasih xenocy 5mg. Lama banget nunggu obatnya ada hehe..
      Selain xenocy kalo anip dikasih vitamin 2 macem & obat racik semacem soalnya ada asma juga 🙂

  3. Rhanie
    Rhanie December 14, 2012 Reply

    Ngie… kalo dah control lagi update ya….
    He….. C nendra juga susaaah banget kalo disuruh konsentrasi, ke ganggu dikit aja langsung bubar jalan….
    btw, dokternya emang dokter spesialis ap?

    • rena
      rena December 14, 2012 Reply

      Siaap, nanti pasti aku update bu 🙂
      Sebenernya sih ini dokter spesialis paru-paru tapi udah profesor gitu. Beliau jg mentor di borromeus jadi udah fasih *mudah2an* :p
      Mudah-mudahan Nendra mah bukan hiperaktif bu..soalnya rata-rata anak emang cepet bosen kan ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *