Skip to content

Berburu Kain Bareng Nyanya

Halloa! Dipikir-pikir udah lama banget saya dan Nyanya ngga pergi bareng. Eh minggu lalu kita malah sempat (menyempatkan diri sih tepatnya) hunting-hunting dua keperluan abadi para gadis. Ya apalagi coba kalo bukan kue-kue imut dan kain lucu?  Menggoda banget ya :p

pompidou

Jadi ceritanya Rabu tempo hari Nyanya ngajakin saya makan kue di Pompidou. Buat mojang Bandung pasti udah hafal sama bakery ini. Konon cupcakenya terkenal lembut dan bikin mau lagi dan lagi. Tapi cupcake-nya kita pinggirin dulu ya. Kali ini kita mau nyobain Layered Crepes yang belakangan hype di ibukota. Selesai icip-icip Matcha crepes yang ternyata terlalu plain menurut saya, kita terus janjian untuk jalan-jalan lagi besoknya. Niatnya sih mau cari-cari kain untuk proyek jahit mesin barunya Nyanya *ihiyy!

Cigondewah

Tadinya kita mau mampir ke Tamim yang ngga terlalu jauh. Tapi dipikir-pikir kenapa ngga sekalian aja ke Cigondewah? Tempat yang di sebut terakhir ini adalah pusatnya kain grosir di Bandung. Segala macam kain ada di sini, you name it! Cigondewah ini letaknya masih tetanggaan dengan sentra sepatu Cibaduyut. Cuma di Cigondewah kita harus pinter-pinter milih lokasi, karena kios kainnya tersebar di beberapa jalur. Saya sendiri memutuskan untuk mampir ke Kawasan Tekstil Cigondewah (KTC) yang terdiri dari kompleks ruko. Biasanya setelah dari sini baru saya bertualang ke kios-kios lain sepanjang jalan utama. Mapay kalo kata orang Sunda.

cigondewah1

Kawasan ruko yang kita kunjungi Kamis itu terbilang sepi, jadi kita bebas belanja. Toko pertama yang menarik perhatian kita adalah toko aneka kain corak dan sisa pabrik. Memang salah satu keunikan Cigondewah adalah kebanyakan kiosnya menjual kain secara kiloan. Beberapa memang kain sisa pabrik, tapi banyak juga kain yang baru dipotong dari gulungannya. Pokoknya cuma satu kata yang tepat untuk tempat ini: Kalap!

Itu juga yang saya rasain begitu sampai di Cigondewah. Dari yang tadinya niat cuma nganter (err..plus lirak-lirik sih), akhirnya ikutan belanja. Memang cuma dua, tapi dua ini yang rasanya bakal kemimpi-mimpi kalo ngga dibeli >_<. Nyanya sendiri sempat ngambil beberapa kain lucu untuk proyeknya. Kain-kain ini kita dapat dari 3 toko di sana, salah satunya adalah toko yang khusus menjual kain sisa export. Saya suka banget main di sini karena kainnya aneh-aneh. Banyak bahan Korea dan Blackout corak yang lucu. Sama seperti kios-kios lain di sini, kios ini juga menjual kainnya secara kiloan. Beres dari Cigondewah, kita pun beringsut pulang tepat jam 2 siang. Puas banget belanja hari ini!

Tamim

Nah lain Cigondewah, lain Tamim. Sentra kain Tamim lebih dekat ke pusat kota, tepatnya di belakang Pasar Baru. Kalo mau ke sini bisa langsung lewat jalan Sudirman, atau motong dari belakang Pasar Baru Trade Center. Tamim sudah terkenal dari jaman dulu kala, mulai kalangan ibu-ibu sampai anak muda. Jaman SMU dulu, saya suka belanja bahan jeans sekalian jahitnya di sini. Beda lagi ibu saya, kalo ke Tamim hobi banget belanja katun dan bahan sprei. Memang dua item ini juga favorit Tamim dari dulu.

tamim

Petualangan saya sama Nyanya di Tamim kali ini malah berburu yang lain lagi. Berhubung Nyanya mau buat Tutu untuk event runningnya, kali ini kita khusus nyambangi satu toko tullle & brocade di ujung jalan Tamim, namanya Toko Langganan. Dari luar, toko nampak sumpek oleh bahan. Maklum hampir semua jenis tulle & brocade ada di sini, dari mulai brocade lembut sampai stretch. Sambil nemenin Nyanya pilih-pilih, saya mampir ke lapak Rerre Saudara Collection, lapak jeans langganan saya dan berhasil  mengantongi selembar jeans biru. Oya, kalo berminat jahit jeans di sini ongkosnya cukup 30 ribu aja 🙂

Hari itu saya juga berhasil menahan godaan belanja kain sprei murah-murah di sepanjang jalan *yipee!*. Ngomong-ngomong soal sprei, di Tamim ada toko khusus kain sprei, selimut dan handuk kiloan. Namanya ngga aneh-aneh, Super Kiloan. Kalo ada bahan yang cocok, kita tinggal minta potong plus jahit gratis. Kain spreinya sendiri didatangkan khusus dari pabrik Bintang Agung, terkenal susah luntur.

toko sprei di tamim

Selesai dari Tamim, kita mampir ke resto vegetarian di jalan Pajajaran. Restoran ini ngga cuma unik makanannya, tapi juga namanya: “Kehidupan yang tak Pernah Berakhir”! Wha?! Haha. Agak gimana gitu ya dengernya. Saya sendiri sebenernya ngga pernah tertarik masuk gara-gara ya itu tadi, aneh ya ^^;. Tapi berkat “racun” yang disebarkan adiknya Papadino, saya jadi penasaran dan nyoba. Ternyata makanannya ngga seaneh namanya sodara-sodara…Enak! Dan Nyanya yang hari itu saya “racunin” juga ikutan suka.

resto kehidupan

Semua makanan di Kehidupan bebas MSG, bawang dan santan. Satu porsi nasi putih ditambah empat macam sayur dihargai 6 ribu saja. Kalo mau tambah “daging-dagingan” baru deh harganya variatif. Menu favorit saya di Kehidupan adalah Jamur Crispy, Tumis Kuciwis, dan Sate Jamur. Kalo mampir ke sini, jangan lupa cobain Susu Kedelai asli-nya juga ya 🙂

Seru deh jalan-jalan kita. Thankies buat petualangannya, Mama Birdie…’til next adventure!

  1. Okepujir
    Okepujir March 16, 2017 Reply

    Hai mba salken
    Maaf mau nanya, kalo beli kain cotton silk yang gitu2 dimana ya daerah bandung?

    • rena
      rena March 24, 2017 Reply

      Haloo, salken juga 🙂
      Bisa coba cari di RoyalTex Baltos atau Median Pasar Baru.. semoga membantu ya

  2. Cita
    Cita March 15, 2017 Reply

    Halo teh rena salam kenal.. aku mau nanya kalau untuk cari2 bahan plus jahit buat sarung bantal/cushion gitu dimana ya? Apa di cigondewah atau tamim ada?

    • rena
      rena March 24, 2017 Reply

      Hi Cita, salam kenal jugaa makasih ya udah main ke sini 🙂
      Bahan banyak di tamim atau cigondewah, di pasar baru juga ada. Kalau jahitnya bisa di tamim juga atau pasar baru, suka ada yang nerima jahitan sprei. Sayang persisnya aku ngga begitu hapal, HTH ya

  3. Tesa
    Tesa February 6, 2017 Reply

    Halo Teh Rena, saya mau nanya.. jujur aja, waktu saya liat foto kain yg Teh Rena post, saya langsung coba ke cigondewah. Cuman saya mau nanya, kalo saya dari arah Jalan holis, begitu masuk ke jalan Cigondewah ambil ke arah kiri (yg ada lampu stopan/prapatannya kecil), nah dari perapatan situ sekitar 10-20 meter ada ruko. Yg dimaksud KTC itu ruko itu bukan Teh? Rukonya kecil, paling cuma 20-30 toko. Atau kalo ruko itu bukan KTC, dari perapatan ke kiri itu masih jauh ga? Saya baru sekali ke Cigondewah, trus baru ketemu ruko yg kecil itu.. Terima kasih Teh, ditunggu reply nya.

    • rena
      rena February 9, 2017 Reply

      Halo Tesa 🙂
      Iya betul rukonya kecil kok… jelasnya di map ini:

  4. popy khusnul
    popy khusnul February 4, 2017 Reply

    Teh maaf mau nanya, saya mau coba coba jualan baju tapi dari mulai pembelian kain oleh saya sendiri hingga ke tukang konveksi
    kira kira toko kain dan konveksi yang cocok buat pemula seperti saya dimana ya kira kira? Mohon bantuannya teh

    • rena
      rena February 8, 2017 Reply

      Hai Popy 😀
      Konveksi & kain tergantung jenis baju yang mau dibuat…
      Kalo mau buat baju muslim bisa coba toko2 yang tadi, seperti royaltex & median. atau kalo seneng hunting bisa ke cigondewah.
      konveksi aku ngga begitu ngerti, biasanya aku bikin di tempat jahit standar. Denger2 konveksi murah dan lumayan rapi banyak di daerah soreang, tapi persisnya aku ngga tau.. maaf ya kurang membantu jadinya. Semoga lancar & sukses usahanya 🙂

  5. Eva
    Eva February 1, 2017 Reply

    Salam kenal. Klo yg jual bantal murah d bdg dmn mba.mksih sblmnya

    • rena
      rena February 8, 2017 Reply

      Salken Eva 🙂
      bantal murah kaya gimanakah?

  6. Bayu
    Bayu December 25, 2016 Reply

    Mba malam hari mash buka ngga toko nya

    • rena
      rena February 8, 2017 Reply

      Hi mas Bayu, toko-toko kain biasanya tutup jam 5 sore & sabtu jam 12…

  7. Tonny
    Tonny December 17, 2016 Reply

    Hello teh rena … clo saya mao nyari kain batik songket sumatera bisa hubungi lewat line. Wa. Bbm. ?

    • rena
      rena December 21, 2016 Reply

      Halo mas Tonny, waah kebetulan saya ngga hapal tempat yang jual songket… mungkin bisa cari di Pasar Baru. Semoga cepet ketemu ya 🙂

  8. Putri
    Putri December 6, 2016 Reply

    Haii mba rena,mau nany klo bahan dg motif yg lucu buat hijab itu yg jarang ada yg sama motifny dg yg lain nyari dmn ya?

    • rena
      rena December 21, 2016 Reply

      Hi Putri,
      kalo motif yang agak jarang bisa coba cari di Kings atau toko kain Padasuka 🙂

  9. Aufa
    Aufa November 12, 2016 Reply

    Hai teh Rena, mau tanya dong kalo toko median di pasar baru ada di sebelah mana yaaa? itu dia ada ig/fb nya ngga sih? sama boleh sekalian infonya ngga kalo tau jahit hijab di sekitar toko median itu, dimana yang recommended. Thanks teteeh

    • rena
      rena November 21, 2016 Reply

      Hi Aufa, makasih yaa udah mampir 🙂
      Median di Pasar Baru Lt.1 dan Lt.2, ini Instagram-nya: instagram.com/textile_md_grosir/. Kalo jahit hijab aku ngga hapal, mungkin bisa dicoba di sekitaran Tamim atau Jl. Belakang Pasar 🙂

  10. Hafizh
    Hafizh November 5, 2016 Reply

    Mau nanya nih kalo kain motif stripe bahan cotton combed gtu dimana yah?

    • rena
      rena November 7, 2016 Reply

      cotton combed maksudnya kaos kan ya? memang jarang yang jual stripe, tapi bisa coba di tamim. masuk dari jl. sudirman, nanti sebelah kiri ada gerbang hijau. di dalamnya ada kios2, cari yang pojok kiri. DI situ jual bahan kaos kadang ada yang motif juga. hth ya 🙂

  11. kartina
    kartina October 30, 2016 Reply

    hi rena,

    minta advise saya punya toko kecil mau buat tempahan baju dan mukena label sendiri. Jadi mau nyari toko yg bisa supply kain dan terus jahit. Boleh recommend tempat2 nya saya hanya 4 hari ke Bandung.

    Makasih banyak

    • rena
      rena November 1, 2016 Reply

      Hi Kartina, terima kasih ya sudah mampir 🙂
      Untuk produksi, saran saya bisa coba toko Median di Pasar Baru atau Royaltex di Balubur Townsquare. Selain dua tempat itu masih banyak tempat lain, tapi dua tempat itu memang biasa dipakai butik2 baju muslim. Di Median malah bisa request dibuatkan motif baru dengan jumlah pembelian tertentu. Semoga lancar & laris manis ya usahanya 🙂

  12. Dina
    Dina October 28, 2016 Reply

    Hai teh! Nuhun artikelnya, informatif bgt buat yg lagi cari bahan hihi. Teh tau ga sablon2 yg skrg lagi hits ditempel di jeans2 itu belinya dmn ya? Sama tukang jait bagus yg bisa ngejait bahan tulle dan tutu dimana tau ga teh? Hatur nuhun pisan teh

    • rena
      rena November 1, 2016 Reply

      Hi Dina, hatur nuhun udah main-main ke sini 🙂
      Aku tahunya patch/aplikasi banyak di toko dunia baru jl. otista, tapi mungkin yang dimaksud bukan itu ya..
      Penjahit bahan tulle yang aku tahu kebanyakan untuk jahit dress/kebaya. Ada tante Listya/Fragrance Kikichan atau tutty kirana (kalo ngga salah nulisnya begini ^^) di antapani..
      Duh maaaaaf belum bisa bantu 🙁

  13. halizah
    halizah September 30, 2016 Reply

    maaf mba, mau tanya kalo beli kain serat alam (katun 100%, linen, rami, sutra) yang belum di warna daerah bandung di mana ya mba ? terima kasih mba 😉

    • rena
      rena October 13, 2016 Reply

      Hi Halizah!
      Aku ngga tau kalau serat alam. Biasanya yang di toko udah warna-warni… mungkin harus pesan khusus atau langsung belanja ke pabriknya ya. Kalau sutra bisa coba ke Padepokan Wisata Ulat Sutra Dayang Sumbi, alamatnya di Jl.Arcamanik Sindanglaya Km 4 Bandung Timur. Selain lihat proses pembuatannya juga bisa sekalian beli kain 🙂

  14. shella
    shella August 24, 2016 Reply

    Salam kenal mba, mau tanya kalo di daerah cigondewah ada kain katun jepang kiloan ga yah? .. Makasih mba sebelumnya..

    • rena
      rena August 28, 2016 Reply

      Halo Shella, ada kok tapi harus pinter-pinter & jeli milihnya.. ngga semua toko jual kiloan dan ga semua toko jual katun jepang soalnya. HTH ya 🙂

  15. Riadhus sholihin
    Riadhus sholihin August 23, 2016 Reply

    Ada kontak person yang bisa d hubungi untuk bahan sprey gak?

    • rena
      rena August 28, 2016 Reply

      Hi Rhiadus, kebeneran aku ngga punya kontaknya yg di Tamim.. biasanya langsung ke sana aja sih :p
      tapi kalo mau coba beli online, bisa ke boemi aneka di FB. Yang punya orang bandung juga 🙂

  16. Shella Gita
    Shella Gita August 19, 2016 Reply

    Teh, punten.. Salam kenal, mau tanya kalo buat gamis biar bahannya jatoh menggebayy gitu apa ya? Hehe makasih 🙂

    • rena
      rena August 28, 2016 Reply

      Hi Shella, menurut aku banyaak bahan yang bisa dipakai utk gamis supaya enak jatuhnya. bisa coba toyobo, diamond, wolfis, cerutti, poplin, waffle, dll.
      mudah-mudahan membantu ya 🙂

  17. siska
    siska August 15, 2016 Reply

    salam kenal, numpang nanya dong, klo di cigondewah tiap toko rata rata harga nya sama ga? terutama kain yang kiloan. klo boleh tau yang paling lengkap di toko apa yah? Makasih

    • rena
      rena August 15, 2016 Reply

      Salken Siska 🙂
      Tiap toko, apalagi yg jual kainnya kiloan biasanya harga beda-beda. Kalo paling lengkap toko apa ya? Aku malah ngga tau hehe.. Seringnya aku papay aja satu-satu sesuai kebutuhan juga. HTH ya 🙂

  18. iqbal primana
    iqbal primana July 12, 2016 Reply

    Sis, kalo stripe tee yg lengan panjang itu biasanya pake bahan apa yah kirakira? Salur apa cotton? Masih belom tau nih

    • rena
      rena July 13, 2016 Reply

      Hi Iqbal, kalo t-shirt biasanya pake bahan kaos. Bisa jersey/spandex motif garis/salur 🙂

  19. saitama
    saitama June 28, 2016 Reply

    Hi Sis,
    Numpang tanya, klo nyari kain bahan sarung samarinda atau bahan sarung dimana ya? pasarbarunya

    thanks sis

    • rena
      rena July 4, 2016 Reply

      Hi Saitama,
      Yaah.. kain sarung kebetulan aku ngga hapal, tapi kadang suka liat di pasar baru
      Kalo yang udah jadi sarung suka nemu di lt.D2/lt.1, yang bentuk bahan mungkin bisa dicari di lt.2
      Maaf ya mba, jadinya ngga ngebantu nih ^^;

  20. paay
    paay June 14, 2016 Reply

    Misi mba maaf mau nanya klo di tamim gitu jual kiloan g ya? ! Pengen buat popok. Sendiri
    Ts tau g mba kain microfiber ad dijual dmn ya mba?

    • rena
      rena July 4, 2016 Reply

      Halo mba Paay
      Di Tamim ada yang jual kiloan ada yang meteran, kalo microfiber aku belum nemu nih mba..
      Waah kereen buat popok sendiri, semoga ketemu ya mba kainnya 🙂

  21. rida
    rida June 3, 2016 Reply

    Maleem mbaa..
    Akukan baru mau jualan kerudung nih yg bahan ima, diamond, velvet satin dll..
    Kira2 ada recomended ngga yaa belanjanya klo di tamim/pasar baru di toko apa??
    Dan kira2 kisaran brapa ya harganya??
    Makasih mbaa 😃

    • rena
      rena June 12, 2016 Reply

      Hi Rida, maaf ya komennya kelewat..
      Di pasar baru bisa coba toko median atau royal tex di baltos, lihat-lihat aja dulu instagramnya 😉
      Kalo kisaran harga tergantung bahan, ima sekitar 20-40 ribu. Mudah-mudahan membantu ya, semoga lancaar bisnisnya 🙂

  22. Vini
    Vini May 22, 2016 Reply

    Hallo teh salam kenal … Jd pengen hunting kain setelah baca ini, kebetulan aku mau nyari kain katun yg motif gambarnya lucu2 soalnya mau jual piyama anak … Kira2 dimana ya cigondewah, tamim apa pasbar? Makasi

    • rena
      rena May 23, 2016 Reply

      Hi Vini, salam kenal jugaa 🙂
      Sebetulnya kain katun hampir di semua tempat ada yang bagus asal pinter milih aja. Kalau untuk piyama anak mungkin bisa cari di tamim/kings. Di cigondewah juga banyak, tapi harus getol keliling 🙂
      Dulu saya suka belanja kain katun & kaos motif di Kings, setelah Kings terbakar katanya sih pedagang-pedagangnya pindah ke lahan parkir di lt. atas Kings II tapi saya sendiri belum pernah kesana. mudah-mudahan membantu yaa, happy hunting & produksi!

  23. wulan
    wulan May 3, 2016 Reply

    Mba ,salam kenal….mba tau toko mamah ga??katanya di pasar baru…

    • rena
      rena May 10, 2016 Reply

      Hi Mba Wulan salken juga yaa,
      toko mamah aku tahunya yang di tamim. masuk dari jln sudirman nanti ada belokan ke kiri, kalo ngga salah tokonya di sebelah kanan 🙂

  24. Mey Mey
    Mey Mey April 26, 2016 Reply

    Mba kl butuh kain jeans yg udah di wash dlm jumlah bnyak cari dmn ya?
    Sm kl kain kaos combed dan bamboo untuk konveksi besar cari dmn ya?
    Sm cari kain spandek kaos yg motif cari dmn ya?
    Mksih… 🙂

    • rena
      rena May 10, 2016 Reply

      Kain jeans yg wash aku kurang tahu mba Mey mey, mungkin bisa coba di seputaran tamim harusnya ada sih ya karena di sana banyak toko jeans. Kalo kaos partai besar bisa cari sepanjang jln otista/astana anyar, mulai bahan bamboo sampe drifit ada. Di daerah ini bahan kaos dijualnya per roll jadi harganya udah harga grosir 🙂
      Nah kalo spandex kaos aku ngga tahu, sering lihat sih pas jalan-jalan ke pasbar. Tapi itu musim-musiman..HTH ya

  25. Naira
    Naira April 15, 2016 Reply

    Mba, kalo bahan jilbab banyak dimana yah?
    Pengen jualan jilbab nih

    • rena
      rena April 16, 2016 Reply

      Hi Naira, bahan jilbabnya mau yang gimanakah? Kalo kaos banyak di Otista. Nah kalo katun, sifon dan teman-temannya banyak di Pasar Baru. Bisa beli meteran terus dibagi dua & kelim 🙂

  26. Nabila
    Nabila April 9, 2016 Reply

    Mbaa punten mau nanya kalo di Cigondewah ada bahan jeans ga ya? Kiloan apa meteran? Oiyaa kalo untuk memulai konveksi partai kecil, baiknya beli di Cigondewah atau Tamim? Recommended yaa pleasee hehehe makasih mbaa salam kenal yaah 🙂

    • rena
      rena April 16, 2016 Reply

      Hi Nabila, salam kenal 🙂
      Maaaf komennya kelewat T^T
      Di Cigondewah ada kok bahan jeans, tapi saya jaraaang banget beli jeans jadinya ngga begitu hafal harga dan meter/kilo-nya.
      Kalo beli jeans saya lebih suka di Tamim karena deket dan ngga banyak belinya. Duh jadinya ngga ngebantu nih.. maaf lagi ya

  27. siti amanah
    siti amanah March 30, 2016 Reply

    Salam kenal mbak rena😊
    Di cigondewah ada sifon diamond apa tdk ya? Buat bikin kerudung
    Trmksih

    • rena
      rena April 5, 2016 Reply

      Hi Siti, salken juga yaa
      Macem-macem sifon kayanya ada di Cigondewah, tinggal rajin-rajin nyari hihi. Selamat berburu yaa semoga membantu 😉

  28. Rizky amalia
    Rizky amalia March 16, 2016 Reply

    Hallo mba, kalau untuk belanja kain katun, linen sama crepe itu dimana ya kalau dibandung?

    • rena
      rena March 17, 2016 Reply

      Haii, kain katun banyaak. Di tempat-tempat di atas juga ada, kalo ngga aku suka mampir ke D’fashion di Kosambi (ada macem-macem termasuk katun Japan design, linen, wool, crepe, jersey dll.) atau La Femme di Sudirman (ini lebih ke bahan-bahan untuk baju pesta, tapi kadang ada juga katun yang bagus). Happy hunting yaa 🙂

  29. konveksi surabaya
    konveksi surabaya March 3, 2016 Reply

    waah,, bisa jadi tempat referensi kulak-an kain buat tim konveksi saya nih,,, selama ini klo ambil kain baru dari surabaya saja

    • rena
      rena March 3, 2016 Reply

      Bisaa, terutama di Cigondewah banyak toko yang memang jual khusus partai besar. Harganya jadi jauh lebih murah dan bahannya eksklusif ngga ada di eceran. Kalo boleh tahu konveksinya produksi apa? HTH ya 🙂

  30. irwan
    irwan March 2, 2016 Reply

    Mbak mau tanya kalo di cigondewah..harga kain katun buat seprei yg rijek pabrik itu berapa harga perkilonya ya…makasih…

    • rena
      rena March 2, 2016 Reply

      Hai Mas Irwan, bahan sprei yang aku share itu adanya di Tamim harga per kilo-nya tergantung motif & jumlah reject. Di Cigondewah juga banyak bahan sprei, ada yang kiloan ada juga meteran. Tapi aku kurang tahu dimana tokonya, mungkin bisa di-papay kalo kata orang Sunda mah. Mudah-mudahan membantu ya 🙂

  31. sprei katun jepang
    sprei katun jepang February 11, 2016 Reply

    seru banget ya jalan2 nyari kain gini apalagi banyak motif yg ucu2 🙂

  32. rafika
    rafika November 19, 2015 Reply

    mbk kalo di pasar baru kira2 bahan buat pasmina itu berapaan ya 1 meter

    • rena
      rena November 20, 2015 Reply

      Hi Rafika, harga tergantung jenis bahan biasanya. Kalau pashmina sifon mulai 20rb/m (bisa ditawar biasanya), cari yang lebarnya 1,5m. Mudah2an membantu yaa 🙂

  33. Mirc
    Mirc November 11, 2015 Reply

    Mba mau tanya kalo kain kain kagun gitu bagusnya di jalan sudirman , tamim atau cigondeah? Makasiiih

    • rena
      rena November 12, 2015 Reply

      Hai Mirc, semuanya baguus hihi. Tergantung yang dicari katun apa. Kalau katun mungkin di tamim & kings ya. Di cigondewah juga banyak katun yang bagus 🙂

  34. santia
    santia August 26, 2015 Reply

    kaka klo yang toko di tamim namanya toko apa yg jual bahan selimut kiloan itu aku mau kesanaaaaa 😀

    • rena
      rena September 22, 2015 Reply

      Halo Santia~
      Toko kain yang jual selimut kiloan banyak kok, tapi yang numpuk-numpuk dan paling besar ada di tusuk sate jl. Tamim kalo dari Sudirman. Namanya toko Super Kiloan. Mudah-mudahan cocok ya 🙂

  35. aira abdullah
    aira abdullah August 19, 2015 Reply

    hai… salam kenal,baca postingan ini jdi pengen hunting kain ke bandung,oiya… jdi mending ke cigondewah atau tamim ya?sepertinya sy akan kalap disana ^_^

    • rena
      rena September 22, 2015 Reply

      Hi Aira, namanya keren deh 🙂
      Menurut saya tergantung kebutuhan sih…kalo di Tamim banyaknya kain meteran, motifnya juga jarang yang aneh atau beda dari yang lain. Nah kalo di Cigondewah lebih variatif, kadang-kadang bisa dapat yang lucu kalo pinter nyari. Saya biasanya ke Tamim aja kalo cuma butuh kain sedikit soalnya Cigondewah jauuh dari Arcamanik hehe. Ke Cigondewah baru kalo memang niat hunting beneran. HTH ya 🙂

  36. Safira Nys
    Safira Nys August 11, 2015 Reply

    Wah ‘Kehidupan’ itu lucu, ya. Aku belum pernah makan ke sana :/
    Lain kali mau coba XD

    • rena
      rena August 12, 2015 Reply

      Halo Safira,
      Iyaa aku paling suka jamur tepung & susu kedelainya…enaak~ duh jadi laper :p

  37. Imha
    Imha August 4, 2015 Reply

    Ada yang tau dmn jual cotton import??

    • rena
      rena August 12, 2015 Reply

      Hi Imha,
      Maksudnya import dari mana kah? Kalo import jepang/korea aku ngga begitu hapal nih…seringnya malah nemu online di Facebook hehe…

  38. mala
    mala May 9, 2015 Reply

    Halo mba rena. Postingannya seru. Hihi. Btw aku mw tny, aku kan sering ke tejin, tp ga ngeh toko yg jual brukat & tulle itu. Depan tejin klo ga salah ada gang kecil. Nah tokonya sebelah kiri gang atau kanan gang?

    • rena
      rena May 10, 2015 Reply

      Hi Mala,

      tokonya persis di hoek seberang toko Tejin. Mudah2an ketemu ya 🙂

    • rena
      rena August 12, 2015 Reply

      Hi Mala,
      kemarin aku baruu aja main ke tamim lagi…terus baru ngeh kalo ternyata toko tejin pindah ke sebebrang jalan ya? haduuh maaf yaa jadinya menyesatkan heuheu…toko tulle berarti sejajaran sama toko tejin sekarang, sebelah kanan-nya pas belokan…

  39. mutia
    mutia May 7, 2015 Reply

    nice share mba ren hehe salam kenal yah 🙂
    penasaran banget ih mau kesana tapi blum ada waktu, pasti kalo kesana bakal kalap juga nih 😀
    kalo dari pasar baru jauh gak mba? soalnya aku dari Jakarta hehe
    oiya bukanya itu sampe jam berapa mba?

    • rena
      rena May 7, 2015 Reply

      Salam kenal mba Mutia 🙂

      Iiih deket banget, hihi…
      tempatnya persis di belakang ps. baru, bisa lewat pasar baru jalan terus sampe pintu belakang, begitu keluar udah masuk daerah tamim.
      Tinggal jalan sedikit ke arah kiri, terus ikutin jalan nanti ketemu toko Tejin.
      Kalo bingung bisa tanya-tanya di pasar baru, dekeet bgt kok 🙂

  40. Ruth
    Ruth April 17, 2015 Reply

    Mba Rena, ada rekomendasi kalo mau beli bahan jeans terus langsung jahit di tamim gk? ada bahan chino juga gak mbak di tamim? bisa jadi dalam waktu 1-2 hari gk ya? kira2 range harga jahitnya berapa ya mbak?
    Makasih ya mbak rena ☺

    • rena
      rena May 5, 2015 Reply

      Halo Ruth, maaf ya baru sempat balas 🙂

      Di Tamim yang pernah kucoba cuma yang di depan toko Tejin itu. Ada bahan+langsung jahit, bahan chino juga ada kalo ngga salah 🙂
      Naah…kalo harga jahit sepertinay tergantung model sama bahan, dan bisa cepet/ngga tergantung lagi penuh atau ngga penjahitnya. Mudah-mudahan sedikit tercerahkan ya 😉

  41. ari
    ari March 29, 2015 Reply

    Halo, postingannya menarik deh infonya 🙂
    Mw nanya klo di tamim apa semua tokonya jahit seprai gratis, apa tertentu aja? Boleh minta nama tokonya? Makasi rena.. 😀

    • rena
      rena March 31, 2015 Reply

      Halo Ari 🙂
      Di Tamim ngga semua toko bisa jahit sprei gratis, cuma toko yang di ujung jalan itu aja. Namanya saya ngga hafal karena ketutup kain hehe. Tapi kalau dari Jl. Sudirman, teruuus aja lurus sampai mentok, nah toko yang pas di ujung itu tempatnya. Selain toko itu juga ada toko kain yang jual kain kiloan & bahan sprei yang bagus2 (katun jepang, jacquard, dll). Letaknya sebelah kanan kalo dari Jl. Sudirman, dia juga terima jahit sprei tapi ngga gratis hehe. Mudah2an cukup membantu ya…

  42. Voulin
    Voulin February 26, 2015 Reply

    Mba rena,blog ini benar benar memberi pencerahan. Aku sudah mutat ke cigondewah mba,tapi sulit saya menemukan tempat yg mba maksud. Mohon pencerahanya mba dmn lokasinya kalau dari jalan cibolerang?makasih banyak y mba

    • rena
      rena March 31, 2015 Reply

      Halo Voulin,

      Makasih yaa sudah mampir..Maaaf banget komennya baru kebaca. Aku kurang hafal nih kalo dari Cibolerang, tapi kalo udah di Jl. Cigondewah, coba deh tanya KTC ada di sebelah mana. Nah, tokonya ada di dalam KTC itu, lokasinya di pojok kiri di dalam pas hook. Maaf ya jadinya ngga bantu banyak, nanti aku cari lagi nama tokonya ya siapa tahu ketemu 🙂

  43. Oline
    Oline October 10, 2014 Reply

    Lagi iseng blogwalking, nemu tulisan ini. Bagus n berguna banget tulisannya..makasih ya udah diulas..jadi nambah pengetahuan. Oh ya, boleh tahu nggak toko kain di cigondewah yang jual kain khusus sisa export yang disebutin diatas tu, namanya apa? Pengen mampir jugaaa…
    Thanks lot yaa

    • rena
      rena October 14, 2014 Reply

      Halo Oline, makasih juga ya udah mampir dan komen2 🙂
      Kebetulan udah lamaaa ngga kesana, jadi agak lupa…Pokonya tempatnya pas di hook, kalo ngga salah di blok ke-dua. Tapi kalo udah di sana keliatan kok, karena barangnya dia yang beda sendiri 🙂

  44. Dini Marifah
    Dini Marifah October 9, 2014 Reply

    Kak kalo toko tejin jual bahan jeans jugagak? Kalo cari bahan washedjeans dimanaya? Makasih

    • rena
      rena October 10, 2014 Reply

      Hi Dini,
      Toko Tejin ngga jual jeans…dia mayoritas katun sama sifon. Perlu jeans banyak apa ngga? Kalo perlunya cuma sedikit (kira2 1-2 baju/celana) bisa liat di kios jeans depan toko tejin, dia udah washed kok. HTH yaa 🙂

  45. Marcia
    Marcia August 9, 2014 Reply

    mbak, kalau beli kain di Cigondewah,per kg brp an ya? Terus kalau di jaitin gratis, jaitin jadi seprei? 🙂 Thanks.

    • rena
      rena August 9, 2014 Reply

      Hi Marcia, makasih yaa udah main2 ke sini. Kalo setau aku harga kain di Cigondewah tergantung jenis kain & toko yang jual. Kadang2 kain yang ada cacat/reject pabrik juga dijual kiloan dan harganya bisa murah banget~
      Nah kalo jait…aku taunya jait gratis yang di Tamim. Kalo di Cigondewah belum pernah, tapi mungkin bisa di coba. Mudah2an ngebantu yaa 🙂

  46. fauzia
    fauzia May 20, 2014 Reply

    mbak kalo boleh tau nama toko di Cigondewah sama tamim nya apa ya ? biar lebih hapal, kalo cigondewah luas bgt agak pusing nyari2 nya … makasiih

    • rena
      rena May 21, 2014 Reply

      Halo~
      Kalo di Tamim saya suka mampir ke toko Tejin, letaknya persis di ujung jalan. Nah toko bahan brokat & tulle yang Nyanya samperin itu persis depan toko Tejin 🙂
      Di Cigondewah saya sukanya belanja di kawasan sentra kain yang banyak ruko/mirip2 ruko square gitu. Letaknya pas masuk Cigondewah langsung belok kiri, lurus, nanti ada kawasan ini. Di situ keliling2 aja suka nemu yang lucu2. Semoga membantu ya, selamat berburuu 🙂

  47. Mailany
    Mailany May 17, 2014 Reply

    Makasih infonya ya mbak 🙂

  48. Mailany
    Mailany May 9, 2014 Reply

    Mbak, maaf mau nanya, kl sabtu atau minggu, cigondewah buka ga ya? Makasih infonya 😉

    • rena
      rena May 11, 2014 Reply

      Halo Mailany,
      duuh maaf yaa saya baru baca post-nya. Kalau ngga salah hari Sabtu buka, kalau Minggu biasanya libur…Maaf lagi yaa telat banget ini jawabnya ^^;

  49. noni
    noni February 19, 2014 Reply

    seru banget ya jalan2 nyari kain gini apalagi motifnya pun lucu2 🙂

    • rena
      rena February 20, 2014 Reply

      Halo Noni,
      Seneng deh baca blognya! Makasih ya udah mampir ke sini 🙂
      Iyaa kalo ke tempat-tempat kain gini pasti kalap deh bawaannya semua pengen dibeli hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *