Skip to content

30-Minutes Triangle Bag

Beberapa waktu lalu, saya lihat tas berbentuk segitiga di majalah Jepang. Tas itu terbuat dari bahan semacam linen dengan gantungan warna-warni. Jepang memang paling oke soal crafting, ngga pernah habis idenya! Maka dari itu, ketika saya tetiba perlu tas pesta yang cukup besar untuk menyimpan ponsel dsb tapi juga ringan dibawa, pikiran saya langsung tertuju ke tas segitiga tadi. Kayaknya sih, bikinnya ngga susah *pede
Ternyata benar, 1/2 jam kemudian saya sudah siap menenteng tas itu kemana-mana! Mudah dan menyenangkan membuatnya. Memang betul ya, ngga pernah ada ruginya nyetok kain dan printilan jahit banyak-banyak *alasan
Anyway, buat yang mau bikin juga, berikut tutorial singkatnya. Untuk tutorial ini saya membuat dompet koin dari bahan kanvas, karena waktu buat tas sama sekali ngga terpikir bikin tutorial. Maklum mau kondangan, ingetnya cuma deretan makanan di pesta :p. Meski begitu, cara buatnya tetap sama kok. Maaf juga kalau gambarnya kurang jelas karena foto dari ponsel.
Untuk dompet koin ini saya memakai kain kanvas polos sebagai luaran, dan katun bermotif untuk lining atau lapisan dalam. Masing-masing sebanyak 2 lembar ukuran 40x20cm (persegi panjang). Sebuah zipper yang panjangnya kurang-lebih mengikuti lebar kain (20cm), dan dua buah ring untuk tempat rantai atau tali tas bila suka.
Bahan:
a. Zipper
b. Kain kanvas untuk bagian luar
c. Kain motif untuk bagian dalam/lining
d. Dua buah ring atau pita untuk tempat rantai tas

1. Susun kain dengan urutan sebagai berikut: kain motif (sisi bagus menghadap ke atas) – zipper (ratakan sisinya dengan bagian atas kain) – kain kanvas (sisi bagus menghadap ke bawah). Saya menyebut susunan ini “sandwich.” Lalu jahit sisi yang terdapat zipper dari ujung ke ujung. Hati-hati ketika menjahit zipper. Saya biasa mulai dari ujung, berhenti sebelum zipper, kemudian menancapkan jarum & angkat sepatu jahit untuk membiarkan kepala zipper lewat, setelah itu baru mulai jahit lagi sisanya.

2. Setelah dijahit, ketika dibalik kedua kain tadi akan menyatu seperti di gambar 2.

 

step 3

3. Buat “sandwich” seperti di langkah 1, dengan cara melipat kain hingga sisinya rata dengan sisi zipper yang belum terjahit. Kain kanvas di atas zipper dan kain motif (sisi bagus menghadap zipper) di bawah zipper. Kalau bingung bisa lihat contohnya di tutorial pencil case. Setelah itu, jahit mengikuti zipper seperti di langkah 1.

4. Setelah kedua sisi zipper terjahit ke kain, buka kain lebar-lebar seperti di gambar 3. Jahit lurus salah satu sisinya mulai dari ujung kain motif sampai ujung kain kanvas.

step 4

5. Sekarang pindah ke sisi lainnya. Lipat sisi kanvas yang masih terbuka hingga membentuk segitiga seperti pada gambar, kemudian tahan memakai klip. Biarkan dulu sisi kain motif terbuka.

6. Jahit sisi kanvas yang sudah dijepit tadi. Kalau zipper-nya kepanjangan seperti punya saya, pastikan kepala zipper tidak menggantung di luar ya.

step 5

7. Setelah bagian kanvas selesai dijahit, lipat bagian kain motif seperti pada langkah 5. Jahit sisi kain motif yang sudah dilipat tadi, tetapi sisakan lubang sekitar 6 cm untuk membalik (juga biasa disebut proses “lahiran”).

8. Balik/tarik bagian dalam dompet ke luar (proses “lahiran”).

step 6

9. Ini dia dompet kain setengah jadi, setelah kain dibalik.

step 7

10. Tarik kain motif/lining keluar. Tutup sisi yang terbuka bekas “lahiran” tadi dengan cara melipatnya ke dalam, lalu jahit lurus.

11. Selesai! Kalau mau menambah ring, selipkan ring di ujung kain kanvas pada langkah 5 dan 6. Untuk pouch/dompet ini, saya menyelipkan label di bawah.

30-minute-triangle-bag

Happy Sewing! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *