Skip to content

10 Elektronik Rumah Tangga yang Wajib Dimiliki

Saat baru berumah tangga dan menempati rumah sendiri, rasanya banyak sekali yang harus dilakukan. Salah satunya melengkapi perabotan rumah. Selain furnitur, peralatan elektronik jadi salah satu tersangka penyedot uang paling banyak. Karena itu, sewaktu pertama mengisi rumah, saya memutuskan menyicil barang elektronik sesuai kebutuhan. Caranya dengan menyusun daftar elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki dengan skala prioritas. Saya juga menyusun beberapa kriteria sebagai panduan. Dengan begitu, acara belanja elektronik jadi lebih efisien.

Karena daya listrik di rumah terbatas, hal pertama yang saya perhatikan saat memilih barang elektronik adalah konsumsi listrik. Setelah itu, baru saya mempertimbangkan hal lainnya. Kalau dibuat daftar, kira-kira seperti ini urutannya:

  1. Hemat listrik. Ini penting banget! Kalau salah menghitung konsumsi listrik, bisa-bisa aliran listrik di rumah sering putus tiba-tiba. Istilah kerennya, β€œβ€
  2. Harga terjangkau. Kalau yang ini sih sudah jadi mantra wajib para mama.
  3. Reputasi brand. Ini juga penting untuk elektronik. Buat saya lebih baik keluar uang sedikit lebih banyak daripada sedikit-sedikit beli barang baru karena yang lama cepat rusak.
  4. Bentuknya simple. Paling tidak, nuansanya senada dengan perabotan rumah.

Nah, berikut ini 10 elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki. Siapa tahu bermanfaat untuk yang mau mengisi rumahnya πŸ™‚

  1. Rice Cooker

Kenapa Rice Cooker jadi barang pertama yang harus dipunya? Karena sesungguhnya memasak nasi pakai dandang itu repot hehe. Alasan lainnya, Rice Cooker terjangkau sehingga membelinya ngga perlu sampai menguras dompet. Saya memilih Rice Cooker ukuran sedang dengan katup uap agar nasi tidak cepat basi. Selain itu, wadahnya terbuat dari stainless steel. Ini juga penting buat saya, karena sebisa mungkin saya menghindari bahan anti lengket untuk peralatan masak.

  1. Lemari Es

Lemari es ibarat kotak ajaibnya para mama. Mulai dari bahan masak sampai perawatan kulit bisa ada di sini! Kalau dana memungkinkan, sebaiknya pilih lemari es dua pintu dengan freezer terpisah. Pengalaman saya, bunga es mudah tumbuh di lemari es satu pintu. Akibatnya, sulit mengeluarkan bahan makanan yang tersimpan di sana.

  1. Blender

Blender wajib dimiliki untuk ragam fungsinya. Ngga cuma menghaluskan buah, blender bisa dipakai memproses makanan si kecil, menghaluskan bumbu masak, menghancurkan es dan membuat smoothies. Untuk per-blender-an, saya menyontek para penjual juice dalam memilih brand terpercaya. Kalau tahan dipakai membuat puluhan juice setiap hari, pastinya awet juga kan di rumah.

  1. Setrika

Saya memilih setrika dengan plat anti lengket tanpa tambahan fungsi. Selain beda harga lumayan jauh, setrika dengan fungsi tambahan seperti uap terasa lebih berat dan butuh perawatan ekstra. Ketika membeli setrika, pilih yang kabel dan plastiknya kokoh.

peralatan_rumah_tangga
(img: mataharimall.com)

  1. Dispenser

Awalnya saya membeli dispenser meja untuk menyiapkan minuman dan susu si kecil. Kemudian saat dispenser itu rusak, saya menggantinya dengan dispenser galon bawah dengan konsumsi daya 190 watt. Untuk dispenser galon bawah, pilih yang selangnya terlindung.

  1. Mesin Cuci

Mesin cuci adalah penyelamat saat musim hujan tiba. Paling asyik memang memiliki mesin cuci bukaan depan tanpa perlu lagi menjemur. Namun saat dana terbatas, mesin cuci satu tabung bukaan atas cukup membantu aktivitas harian satu ini.

  1. Vacuum Cleaner

Kalau ada karpet di rumah, vacuum cleaner wajib hukumnya. Karena tak semua debu dan kotoran terangkat saat disapu. Lagi-lagi saya memilih yang watt-nya kecil dan mudah perawatannya. Selain itu, saya juga memilih vacuum cleaner dari brand terkenal agar mudah mencari refill kantung debu.

  1. Kipas Angin/AC

Sebetulnya saya jarang memakai kipas angin atau AC. Tapi mengingat kondisi cuaca yang ngga tentu, bahkan Bandung pun bisa jadi super panas. Saat itulah kipas sangat membantu. Selain kipas angin dan AC, Air Cooler juga bisa dijadikan pilihan.

  1. Pressure Cooker

Ini dia yang pengen banget saya punya tapi belum kesampaian. Enaknya punya Electronic Pressure Cooker adalah bisa memasak tanpa ditunggui, pada waktu yang ditentukan. Selain itu, memasak daging lebih mudah dan tingkat kematangan dijamin pas. Electronic Pressure Cooker juga multifungsi dan menghasilkan makanan yang lebih sehat berkat fungsi slow cooking-nya. Duh, makin pengen! Electric presto yang ada di wishlist saya adalah Signora Eco dengan konsumsi listrik 400 & 700 watt saja.

  1. Oven/Microwave

Ini salah satu elektronik yang masih betah nangkring di wishlist saya. Selain belum menemukan oven yang tepat dengan daya listrik minimum, saya masih betah memakai oven kompor warisan Ibu. Kalau memilih oven, saya lebih mengutamakan faktor keamanan dan ukurannya. Semakin besar semakin baik.

Di samping 10 barang elektronik wajib di atas, ada beberapa elektronik yang juga masuk wishlist saya. Seperti kompor induksi, mesin jahit, water heater, dan air fryer yang sedang hit itu. Bukan trend-nya sih, tapi karena memasak lebih sehat.

Satu tips lagi, beli elektronik rumah tangga di tempat terpercaya, baik offline maupun online seperti MatahariMall.com. Pilih juga penjual yang memberikan garansi resmi dan after sales service yang baik. Gunakan elektronik sesuai petunjuk pemakaian, serta periksa bagian-bagiannya secara berkala.

Menurutmu, elektronik apalagi yang wajib ada di rumah tangga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *